Senin, 28 Februari 2011

Arti seorang sahabat??

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk dapat menjalani hidup tentunya. Salah satu yang kita butuhkan adalah sahabat..
Saya akan menceritakan, arti seorang sahabat bagiku..Saya yakin semua orang pasti memiliki sahabat termasuk saya. Bagiku, sahabat sudah mencakup bagian dalam hidupku, bukan berarti saya tergantung terhadap mereka, tetapi mereka selalu ada untukku disaat saya membutuhkan mereka. Menurutku, Sahabat yang baik tidak akan meninggalkan kita dalam keadaan selulit apapun, justru mereka akan terus mendukung, menghibur, menasehati, menjaga dan menguatkan kita saat kita dalam kondisi atau keadaan yang buruk. Mereka sangat mengenal diri kita, sehingga mereka sudah tau apa yang harus mereka lakukan ketika kita sedang tidak mood, ada masalah, senang, dll. Seorang sahabat dapat menerima diri kita apa adanya, mereka tidak akan mengkomplain karena kita hanya karena sifat, kecuali sifat buruk sudah keterlaluan sehingga sahabatnya pasti akan memberi nasehat/masukan. Saat kita terkena masalah, mereka akan berusaha membantu kita untuk menyelesaikannya, walaupun terkadang hal tersebut menghambat kita untuk lebih mandiri. Mereka juga tidak segan-segan untuk memarahi kita, jika kita terus mengulangi kesalahan yang sama, karena mereka ingin yang terbaik untuk diri kita dan tidak takut dibenci oleh kita. Dan yang pasti adalah, mereka selalu ada untuk kita.
Kita memiliki banyak teman, tetapi berapa banyak yang dapat dijadikan sahabat? Saya rasa pasti hanya beberapa. Menjaga suatu persahabatan akan lebih sulit daripada membangunnya.
Mereka adalah salah satu yang selalu memotivasi dan mendukung diri saya sampai saat ini..











Sabtu, 26 Februari 2011

Bermain sambil belajar atau belajar dengan bermain???

Kita semua pasti pernah merasakan kejenuhan saat sekolah dulu, ntah karena gurunya yang sangat galak, pelajaran yang tidak disukai ataupun metode pengajaran yang membosankan, akan sangat mempengaruhi keadaan siswa saat belajar. Murid-murid akan mengikuti pelajaran dengan terpaksa dan pengetahuan yang diterimanya itu tidak akan maksimal.
Sudah saatnya untuk menggunakan metode-metode pembelajaran yang menarik, salah satunya adalah belajar dengan bermain. Belajar dengan bermain pun dapat dilakukan dengan membuat kuis, game dan kelompok belajar, sehingga murid akan lebih mudah dalam penyerapan materi. Murid-murid juga akan lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga mereka tidak akan gampang lupa dengan pelajaran yang diberikan secara menarik tsb.
Apa bedanya dengan bermain sambil belajar? Sebenarnya tidak jauh berbeda, namun bermain sambil belajar lebih bebas dan tak berlaku aturan. Yang perlu diperhatikan adalah merancang alat bermain yang memiliki nilai edukasi. Untuk anak-anak usia di bawah 6 tahun, alat-alat bermain banyak membantu dalam penguatan motorik halus, motorik kasar dan kognitif anak.
Nah, yang paling penting pemateri atau yang lebih keren disebut guru yang juga mesti fun dalam penyampaian materi. Kan percuma rasanya jika rancangan pambelajaran yang sudah bagus, hanya karena si pemateri tidak siap dan tidak menguasai.

Sabtu, 19 Februari 2011

Testimoni Upin dan Ipin

Upin dan Ipin adalah film yang sekarang ini sangat populer di kalangan masyarakat, bukan hanya anak kecil, tetapi juga orang dewasa. Hal ini karena film animasi ini memberikan kesan lucu dan sangat menghibur penonton. dan setelah menonton tayangan "behind the scene" film animasi upin dan ipin" saya melihat sudah sewajarnya film ini diminati oleh semua orang, karena proses pembuatannya pun sangat lama. 
Menurut saya, mereka menghabiskan waktu yang sangat lama untuk memproduksi film ini untuk menampilkan yang terbaik untuk masyarakat yang menontonnya, dan menghadirkan kesan real dalam cerita animasi tersebut. Yang mereka lakukan selama pembuatan film itu sebenarnya juga adalah proses belajar, suatu proses belajar yang  tidak disadari, karena mereka membuat, melihat, mengoreksi dan mengubah segala sesuatu dalam film itu untuk mendapatkan yang hasil yang terbaik/maksimal. Mereka belajar untuk membuat suatu film yang lucu, unik dan disukai segala kalangan usia. Menurutku, itu adalah suatu proses belajar yang memberikan pengalaman bagi orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film tersebut untuk mendapatkan yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Jumat, 11 Februari 2011

Penggunaan Email dan Blog

Kelompok 19 :
  1.  Jilly Chandra ( 10-022 )
  2. Veronica ( 10-026 )
  3. Venti Ayu Wibawa ( 10-070 )
  4. Dede Suhendri ( 10-078 )

Menurut pandangan kelompok kami, penggunaan email dan blog sesuai dengan psikologi pendidikan sangat membantu dalam pembelajaran khususnya pengenfisiensian waktu, misalnya diskusi antar kelompok yang biasanya harus dilakukan dengan tatap muka. Kini sudah bisa dilakukan melalui internet. Hasil diskusi juga bisa diserahkan kepada dosen pengampuh melalui email dan blog, sehingga tidak harus dating ke kampus hanya untuk mengumpulkan tugas. Selain itu, pengiriman tugas melalui email dan blog juga dapat membantu mengatasi masalah global warming karena mengurangi penggunaan kertas dan bahan bakar minyak untuk transportasi. 

Penggunaan email dan blog sebagai media pembelajaran seperti yang tersebut di atas masih kurang diaplikasikan di kota Medan. Tidak semua sekolah telah difasilitasi dengan inet  sehingga pembelajaran dengan teknologi ini belum dapat diterapkan. Padahal di era globalisasi ini, penggunaan teknologi seperti email dan blog sangat penting dalam dunia psikologi pendidikan dan dunia pekerjaan. Oleh karena itu, psikologi pendidikan sudah seharusnya bersentuhan dengan teknologi ini, khususnya penggunaan email dan blog.

Daftar Pustaka :
Munir.2010.Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Ekonomi (Cetakan ke-2). Bandung: Alfabeta 

Senin, 07 Februari 2011

Teknologi dan Pendidikan

Internet adalah salah satu teknologi kini yang berperan sangat penting dalam mendukung proses belajar-mengajar menjadi lebih mudah dan efektif. Dengan adanya internet, akan lebih mudah bagi pelajar maupun pengajar (guru) untuk mendapatkan informasi-informasi yang baru dengan cepat dan tak terbatas dalam konteks wilayah manapun.

Selain itu, dalam penggunaan internet kita akan banyak menggunakan Web dan Email. Bagi  pelajar yang baru mengenal internet pasti bingung dengan dua istilah tersebut, disini dapat dilihat penjelasannya :
Website (Web) : suatu lokasi individu atau organisasi di Internet yang menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi.
E-mail (Electronic Mail) : bagian terpenting dalam internet, pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus.

Penggunaan internet dalam pembelajaran pun memberikan dampak yang positif dan negatif bagi pelajar. Dampak positifnya adalah pelajar dapat belajar dimanapun, mencari bacaan apa saja sesuai dengan pelajaran yang diminati dan pelajar tidak akan bosan karena di internet banyak sekali hiburan-hiburan yang dapat menyegarkan pikiran, sehingga tidak menyebabkan kepenatan dan rasa bosan karena hanya duduk, membaca buku teks dan mendengar ceramah.
Dampak negatifnya adalah pelajar dapat mengakses konten-konten yang dapat mengganggu perkembangannya, seperti : situs porno, dll. Sehingga, pelajar harus diawasi dan diberi arahan dalam menggunakan Internet untuk hal-hal yang positif dan mendukung proses belajar.

Sebagai suatu teknologi, internet sangat membantu dan mempermudah dalam pembelajaran maupun memperoleh informasi yang baik sampai dengan yang buruk. Sehingga kita harus pandai memilah-milah informasi yang berguna bagi diri kita dan orang lain.  

Referensi : Santrock, John W.(2007).Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.Jakarta:Prenada Media Group